KERJASAMA GO-JEK dan ARISAN MAPAN Wujudkan Masyarakat Indonesia yang Lebih Sejahtera.

KERJASAMA GO-JEK dan ARISAN MAPAN
Wujudkan Masyarakat Indonesia yang Lebih Sejahtera.


Press Conference Kerjasaa GO-JEK dan ARISAN MAPAN


Ada banyak hal yang mendasari manusia untuk memilih sebuah profesi, sebuah pekerjaan, sebuah jalan untuk mendatangkan rejekinya. Banyaknya kebutuhan hidup yang sangat bermacam-macam dan keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, menuntut seseorang untuk bekerja dalam bentuk berbagai cara.

Adalah Nuridah, seorang single parent yang bekerja sebagai diver GO-JEK. Dia begitu gigih memperjuangkan pendidikan anaknya, hingga ke bangku kuliah. Saya sebagai sesama perempuan, sangat salut buat bu Nuridah atas kerja kerasnya. driver GO-JEK, yang menurut saya, adalah pekerjaan yang jarang dillakukan oleh seorang perempuan, dilakukan tanpa canggung, bahkan dengan penuh semangat.
Seorang yang lain lagi adalah Sulastri. Beliau selalu merasa kesulitan untuk membeli barang atau perabot rumah tangga, karena penghasilan suaminya yang pas-pasan. tetapi sejak bergabung dengan arisan mapan dan menjadi ketua arisan mapan, beliau merasa sangat terbantu.
Ada banyak di luar sana perempuan –perempuan seperti ibu Nuridah dan ibu Sulastri dengan berbagai macam alasan yang berbeda-beda.

Cerita-cerita ini saya dapatkan dari sebuah acara yang digelar atas kerja sama GO-JEK dan Arisan Mapan, Sabtu lalu tanggal 17 Desember 2016 di Sindu Kusuma Park, Yogyakarta.
Pada acara Pers Conference yang dihadiri oleh Wakil bupati Sleman tersebut, Aldi Haryopranoto, CEO PT RUMA memaparkan bahwa misi arisan mapan adalah untuk meningkatkan akses, derajat, dan pendapatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui teknologi. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh perwakilan dari GO-JEK. Mereka memiliki visi dan misi yang kurang lebih sama. Yaitu peningkatan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Walaupun secara pribadi saya bukan pengguna GO-JEK, tetapi banyak teman saya yang memakai jasa GO-JEK hampir disetiap aktivitasnya. Dan saya yakin, dalam berbagai cerita saya tahu bahwa GO-JEK memang punya banyak sisi positif untuk membangun masyarakat baik dari sisi driver, maupun dari sisi konsumennya. Ada sebuah keluarga yang kesejahteraannya meningkat saat sang kepala rumah tangga bergabung menjadi driver GO-JEK, bahkan dengan penghasilan yang bisa dibilang diatas rata-rata.
Di sisi lain, pengguna GO-JEK sangat terbantu dengan adanya GO-JEK. Sampai kekantor tanpa terlambat, pesen tiket, bisa pesan makanan saat kita tidak bisa keluar membeli sendiri, saat nggak bisa jemput anak sekolah, GO-JEK pun jadi andalan yang saat ini masih bisa “dipercaya”.
Selain itu ada cerita juga tentang Arisan Mapan. Kalau ini memang didominasi oleh para ibu atau perempuan. Rata-rata merasakan hal yang sama, yaitu : mau membeli barang atau perabot rumah tangga tetapi kesulitan bayar tunai, atau harga dirasa terlalu tinggi. Salah satu solusi untuk mereka adalah bergabung atau menjadi ketua Arisan Mapan. Dengan arisan mapan, membeli barang bisa dengan dicicil karena sistemnya arisan , dapat barangnya bergilir. selain itu, harga yang didapatkan biasanya jauh lebih murah.
Nah, berangkat dari kesamaan visi dan misi antara GO-JEK dan Arisan Mapan, kedua belah pihak ini melihat sebuah peluang kerjasama yang bisa dibangun untuk lebih meningkatkan penghasilan dan taraf hidup masyarakat agar lebih baik dan layak lagi daripada sebelumnya.

Beberapa poin bentuk kerjasama antara GO-JEK dan Arisan Mapan, antara lain :
  1. Dengan menjadi ketua arisan mapan, mitra GO-JEK atau pasangannya bisa mendapat barang impian serta penghasilan tambahan yang berasal dari komisi pembelian barang yang dilakukan oleh setiap anggota arisannya.
  2. Melalui kerjasama ini, para ketua arisan mapan atau pasangannya juga dapat bergabung menjadi mitra GO-JEK.

Kerjasama ini juga merupakan bagian dari SWADAYA, yaitu program manfaat membantu peningkatan kesejahteraan mitra driver. program SWADAYA ini diluncurkan November lalu, yang memiliki lima program manfaat utama bagi mitra driver GO-JEK, yaitu : pmberian akses kepada layanan jasa keuangan (perbankan dan asuransi), cicillan otomatis yang terjangkau, diskon untuk kebutuhan sehari-hari, akses terhadap kesempatan wirausaha untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta pelatihan berkendara.
Yaa....ya...saya sih yes dan sangat mendukung kerjasama ini. Sebagai masyarakat awam, saya sangat berharap program kerjasama ini benar-benar dapat berjalan sesuai dengan visi misi perusahaan. Kapan lagi kita akan membangun Indonesia jika tidak dimulai dari masyarakatnya sendiri. 
Semoga program ini juga nantinya bisa membangun masyarakat mandiri yang makin sejahtera. cerdas mengelola dan mencari penghasilan tanpa malu atau memandang sebelah mata sebuah pekerjaan.



Marketing dan Media (Blogger) dalam acara Press Conference
Kerjasama GO-JEK dan ARISAN MAPAN

Bravo GO-JEK dan Arisan Mapan. Semoga kerjasamanya nggak berhenti sampai disini. terus berinovasi dan berkreasi hingga suatu saat nanti ada aplikasi yang memadukan kedua kerjasama ini menjadi hal yang lebih memberikan kemudahan bagi pengguna, dan lebih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Yogyakarta, 17 Desember 2016

Sindu Kusuma Park, Yogyakarta.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Tips liburan seru dan ceria bareng balita

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.