Program Kominfo : Tanda Tangan Digital Pada Transaksi Elektronik


Ballroom Hotel Tentrem, 14 Nopember 2016

***

“ At The End Of The Day, The Goals Are Simple, Safety And Security”.
(Jodi Rell)


Senin, 14 Nopember 2016, Ballroom hotel Tentrem dipenuhi oleh hampir seribu orang dari berbagia instansi dan komunitas. Pada hari itu, Kominfo menyelenggarakan acara seminar yang bertajuk “Tanda tangan Digital—pada transaksi elektronik”.
Program ini menarik dan patut diapresiasi, karena setidaknya ada beberapa alasan yang mendasarinya, salah satunya adalah karena kebutuhan akan kertas untuk sebuah draf surat persetujuan yang sangat banyak. Jadi diharapkan tanda tangan digital ini akan menghemat pemakaian kertas, yang diproduksi dari ribuan hektar lahan setiap tahunnya.
Selain alasan diatas, tanda tangan digital ini diharapkan bisa memangkas waktu yang dihabiskan dari “perjalanan” sebuah surat yang harus ditandatangai oleh yang berwenang. Terhambatnya pengesahan (yang ditandai dengan adanya tanda tangan seorang yang berwenang), berarti menghambat sebuah proses untuk apa surat tersebut digunakan. Seorang pejabat bisa segera menyetujui atau menandatangai sebuah draft surat walaupun sedang berada diluar kantor, bahkan di luar negeri.
Alasan-alasan ini adalah alasan fundamental bagi kemajuan suatu bangsa baik dari sisi efektifitas sumber daya alam, maupun efektifitas dalam hal sebuah proses birokrasi.

Apa itu sertifikat digital dan tanda tangan digital/elektronik?

Sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tanda elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak  dalam Transaksi  elektronik yang dikeluarkan oleh penyelenggara sertifikasi elektronik.
Tanda Tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang diletakkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi  dan autentifikasi.
Penanda tangan adalah subjek hukum yang terasosiasikan atau terkait dengan Tanda Tangan Elektronik.

Jenis tanda tangan elektrik
Ada 2 jenis, yaitu :
1.      Tanda tangan elektrik tersertifikasi
Dibuat dengan jasa penyelenggara sertifikasi elektronik, dan dibuktikan dengan sertifikat elektronik.
2.      Tanda tangan elektrik tidak tersertifikasi.
Tidak dibuat dengan jasa penyelenggara sertifikasi elektronik. Misalnya tanda tangan yang dipindai.






http://www.sivion.id/


Apa saja manfaat dan keuntungan  tanda tangan digital itu?

1.      Menjaga kerahasiaan, artinya menjaga isi pesan dari siapapun yang tidak berhak membacanya.
2.  Menjaga integritas pesan. Artinya, menjaga keaslian pesan dan tidak ada manipulasi selama pengiriman.
3.      Menjaga otentikasi. Melakukan identifikasi keberanaran pihak-pihak yang melakukan korespondensi atau yang melakukan komunikasi.
4.      Mencegah identitas yang berkorespondensi untuk melakukan penyangkalan terhadap pesan yang telah ia kirimkan. Apabila data dan identitas pengirim telah dapat diverivikasi, maka pengirim tidak dapat menyangkal telah menandatangani pesan tersebut. Hal ini biasanya terdapat pada surat perjanjian.
                            
Bagaimana cara mendapatkan tanda tangan digital?

1.      Pemohon Sertifikat Digital mendaftarkan data pribadinya ke Registration Authority (RA) secara off line atau melalui website RA.
2.     Pemohon dapat membuat pasangan kuncinya sendiri atau menggunakan aplikasi yang disediakan oleh website Certification Authority (CA), seperti yang dilakukan pada website pendaftaran sertifikat pada website sivion.
3.     Apabila verifikasi merupakan syarat permohonan sertifikat, maka pemohon datang membawa KTP ke loket RA beserta kunci publik miliknya dalam bentuk certificate signing request (CSR) kepada RA untuk diterbitkan sertifikat digitalnya oleh CA. Proses CSR otomatis dilakukan pada website sivion ini.
4.      CA menerbitkan Sertifikat Digital secara online kepada user. Dengan cara user diberikan link khusus (beserta user name dan password) untuk download file .p12 yang berisi (sertifikat digital, pasangan kunci dan PIN) melalui email user. File .p12 hanya bisa sekali download.
5.      User wajib menjaga baik-baik file .p12 tersebut karena file tersebut adalah identitas dirinya di dunia digital. Kegagalan menjaga file .p12 dapat berakibat hukum bagi pemilik sertifikat digital
6.      CA mengirimkan Sertifikat Digital (file .p12) kepada tiap pemohon secara online (download).

Tahapan-tahapan tersebut memang cukup rumit. Belum lagi nanti masalah eror jaringan dan laptopnya. Bberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita membuat tanda tangan elektronik adalah :
1.     Setelah kita mendaftar dan memperoleh email balasan untuk mendownload tanda tangan digital tersebut, kita perlu mendownload di laptop  pribadi, bukan milik orang lain yang secara bebas digunakan oleh siapapun. Safety utama ada di tangan pemilik tanda tangan digital.
2.      Simpan baik-baik file tanta tangan elektronik tersebut, jangan sampai memberikan file, atau kunci privat kepada siapaun. Karena sangat rawan untuk disalahgunakan.
3.      Semakin sering dipakai, maka semakin tinggi juga kemungkinan ‘terbobol”.
Jika terjadi kebobolan, yang harus segera dilkaukan adalah melaporkan ke penyedia layanan. Penyedia layanan kana membatalkan segala sesuatu yang berhubungan tanda tangan elektronik kita, dan akan diterbitkan yang baru.

Jadi kemudahan ini juga tentu saja menimbulkan masalah baru jika kita tidak menjaga dan menggunakannya secara hati-hati. Tetapi sering perkembangan jaman, dan persiapan menuju dunia yang lebih modern dengan tingkat mobilitas yang tinggi, tanda tangan elektronik adalah satu wujud perubahan yang sangat dinantikan.

Keep smart and beautifull





Komentar

  1. Sepertinya rumit ya? Dibutuhkan waktu untuk sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat. Semoga sistemnya segera siap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa...rumit banget, terutama untuk orang-orang yang jarang pegang masalah IT. tapi sepertinya wajar mbak...karena keamanannya kan harus terjaga,agar tidak mudah disalahgunakan oleh orang yg tidak berwenang...

      Hapus
  2. Betul, kita tunggu implementasi riil dari program pemerintah ini.
    Always keep smile and spirit, Mak Nana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup...untuk satu tahap kemajuan memang dibutuhkan persiapan yang luar biasa dr semua komponen masyarakat ya mak Nurul...keep smile and spirit juga mak..

      Hapus
    2. yup...untuk satu tahap kemajuan memang dibutuhkan persiapan yang luar biasa dr semua komponen masyarakat ya mak Nurul...keep smile and spirit juga mak..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Betul, kita tunggu implementasi riil dari program pemerintah ini.
    Always keep smile and spirit, Mak Nana.

    BalasHapus
  5. Penting banget ini tapi sayangnya di ballroom ya mak, harusnya kelas aja biar bebas tanya. Btw yg atas itu foto mak Destila, yg bawah siapa ya? Lupa deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untung kmrn kita dibarisan depan ya mak....
      iya, itu yg atas foto mak Destilla..yg bawah punya mak qachan

      Hapus
  6. seneng banget deh Indonesia berbenah sedikit demi sedikit, mudah-mudahan makin maju dan tetap memanusiakan manusia, aamiin

    salam,
    kesya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Tips liburan seru dan ceria bareng balita

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.