5 Ide Weekend Yang Nggak Hanya Seru, Tetapi Juga Berkualitas



Udah seneng saja bawaannya kalau sudah hari Jumat. Trus di pikiran tu sudah muncul dengan sendirinya--hari sabtu-minggu mau kemana, dengan siapa, buat acara yang bagaimana?. Apalagi untuk  orangtua seperti saya yang bekerja dari hari senin-sabtu, moment weekend adalah waktu yang berharga. Waktu yang pastinya saya tunggu-tunggu untuk  sejenak melepas kejenuhan bekerja, dan melakukan aktivitas yang bisa me-refresh otak dan pikiran.

Selama seminggu itu kan, saya dan suami full bekerja. Biasanya dari jam 07.30 berangkat, lalu pulang jam 5an atau  diusahakan banget sebelum magrib sudah sampai rumah. Itu sudah jadi komitmen kita berdua, yang masih punya 2 anak balita yang menunggu di rumah.  Jadi seharian di kantor berjibaku dengan kerjaan, begitu sampai di rumah berjibaku seru dengan duo krucil, Langit dan Binar. Soalnya mereka memang heboh gitu kalau mami dan papinya pulang sampai rumah.

Rutinitas itulah yang membuat saya berpikir, wah penting nih untuk bikin acara weekend yang seru tetapi kalau bisa sih tetap berkualitas. Artinya, bukan hanya seru-seruan aja, tetapi penting untuk menjalin kedekatan dengan si kecil, memberi quality time untuk mereka, menyenangkan mereka  dengan hal-hal yang baru.

Menurutku ini penting, karena bukan hanya orangtuanya yang  jenuh dengan rutinitas pekerjaan. Tetapi selama senin-sabtu itupun, anak-anak menjalani aktivitas yang mungkin juga membuat mereka bosan atau jenuh. Apalagi untuk anak balita yang porsi waktu sekolah atau bermain diluarnya masih lebih sedikit dibandingkan waktu di rumah atau waktu bersama orang terdekatnya. Jadi saat kebersamaan ini dapat melengkapi puzle-puzle yang hilang antara anak dan orangtua.

Secara weekend itu sebenarnya nggak harus selalu berbiaya mahal, nggak harus selalu berjarak jauh hanya demi mengejar kepengenan padahal keadaan belum memungkinkan, dan nggak harus selalu di tempat-tempat yang gimana-gimana. Saya menggarisbawahi, nggak harus selalu ya, tetapi ya bolehlah kalau sekali-sekali. Heheee...ya kalau pas sedang banyak pengeluaran, ya weekendnya yang hemat-hemat aja. Kalau pas ada rejeki lebih, ya bolehlah di tempat yang beda, dapet pengalaman baru, walaupun agak mahal dikit. Nggak papa, ini bentuk investasi juga buat anak-anak.

 Nah, ide weekend yang seru seperti apakah yang tetap berkualitas? Sebelumnya, karena saya tinggal di Yogyakarta, maka pertama, saya pasti menyesuaikan tempat weekend yang nggak jauh-jauh dari Yogyakarta. Bisa jadi di rumah aja... Hehehe...Yang kedua, karena saat ini punya dua balita (4 tahun dan 2,5 tahun), maka  ide weekendnya pasti tak lepas dari tema anak-anak. 

Baiklah, inilah  “ list ide ber-weekend seru tetapi tetep berkualitas “ ala maminya Langit dan Binar..

1. Makan bersama diluar.
Makan bersama ini bisa menjadi hal yang sangat mengesankan bagi anak-anak. Mereka berada di tempat yang berbeda dari tempat biasa mereka makan di rumah, dengan menu yang berbeda. Kita bisa mengenalkan jenis-jenis masakan kepada anak, dari spaghetti sampai sate jamur. Kita bisa bantu jelaskan ke anak-anak, bahwa tubuh kita memerlukan  makanan sebagai energi.  Makanan membuat kita sehat, terutama sayur dan buah. Untuk yang naaknya susah makan , bisalah memanfaatkan moment ini untuk memancing anak-anak agar lebih menyukai berbagai macam buah dan sayur.

2. Pergi ke tempat seru.
Ini hal favorit untuk si kecil. Pergi ke tempat yang banyak mainannya, apalagi mereka belum pernah ke tempat itu sebelumnya. Pasti excited, pasti sangat menyenangkan bagi mereka. Kalau di  Yogyakarta, tempat yang seperti ini contohnya adalah Taman Pintar, Kebun Binatang dan Kidsfun, atau alam dengan pemandangan bagus.

Taman pintar
Tempat ini pusat pengetahuan. Dari hal yang sederhana sampai keajaiban sains ada disana.
Anak-anak  sangat bisa bereksplorasi tentang ilmu pengetahuan dan sains disana. Dan kita nggak perlu repot dan bingung menerangkan ke anak, karena disana ada petugas yang baik hati menerangkan. Selain melihat, anak bisa ikut memperagakan atau melakukan simulasi disana.

Kebun Binatang Gembira Loka.
Dijamin anak-anak bakal seru banget disini, apalagi belum pernah mengunjungi kebun binatang sebelumnya. Tentu saja disana ada banyak hewan atau binatang hidup, yang benar-benar nyata bagi mereka, anak-anak. Biasanya mereka hanya lihat di televisi, di hp, atau di gambar. Nah, sekarang binatang itu benar-benar hidup dan bergerak. Pasti anak-anak betah lihat semua hewan disana, dan nggak berhenti bertanya.
Biar tambah berkualitas, kita bisa sambil bercerita seputar hewan-hewan yang telah dilihat. Sambil kita lempar pertanyaan seputar hewan-hewan yang sedang mereka amati. Kita bisa melihat, seberapa anak itu bisa explor pengetahuan mereka dari proses mengamati binatang-binatang dan lingkungan sekitarnya.

Kidsfun
Arena bermain dan berenang ini cukup asyik juga untuk melewati weekend yang seru. Banyak wahana yang bisa dieksplore juga, tetapi sifatnya bermain. Tidak seperti taman pintar dan kebun binatang, dimana kita bisa mengembangkan  pengetahuan anak-anak.

Taman pelangi.
Taman pelangi ini asyiknya kalau malam. Dengan puluhan lampion yang menyala, membuat suasana menjadi sangat menakjubkan bagi anak-anak. apalagi bentuk lampionnya adalah tokoh kartun yang mereka sukai. Wah, pasti jadi tambah betah, dan nggak mau diajak pulang ya?

3. Main Pasir di Pantai.
Kalau pas ke pantai, biasanya ada 3 hal positif yang bisa kita lakukan. Eksplorasi anak-anak untuk bermain pasir di pantai, mandi dan bermain ombak, dan makan seafood. Jadi jangan lupa membawa mainan yang bisa dipakai saat bermain pasir ya. Kalau Langit dan Binar biasanya saya bawakan  backhoe ,truck, ember kecil dan cetakan pasir (bisa memakai bekas aqua gelas). Selain melatih motorik kasar, bermain pasir ini juga melatih kreativitas anak. Terserah mereka mau membangun istana, atau benteng, atau kolam ikan dengan pasir pantai.
Main dipantai


4. Belanja di mall, supermarket, minimarket, superindo, atau pasar tradisional.
Sambil mengenalkan dunia luar, kita bisa mengenalkan konsep jual-beli pada anak-anak saat berada di pusat belanja. Nah, ini kesempatan bagi saya untuk menjelaskan juga bahwa -- mami setiap bekerja itu dapat uang, untuk ditabung. Kalau tabungan sudah cukup, bisa digunakan untuk membeli mainan atau makanan kesukaan kakak dan adek. Oh ya, kita juga bisa mengenalkan berbagai macam barang kepada mereka. Dari peralatan mandi seperti sabun, shampo, sampai bahan-bahan dapur seperti bawang merah, merica, serta bahan lain seperti daging dan telur.

5. Kalau di rumah?
Selain kegiatan diluar itu, bisa saja weekend seru dirumah. Kalau pas lagi waktunya berhemat, kami biasanya cukup di rumah aja. Ide seru weekendnya antara lain:

Berkebun.
Melibatkan anak-anak untuk membantu mencabut rumput, menyiram tanaman, menanam tanaman atau bunga. Sambil kita jelaskan kepada anak-anak bahwa tanaman juga butuh makan dan minum seperti manusia. Jadi jangan lupa menyiram tanaman setiap hari, ya!.
Ini pasti pengalaman seru untuk mereka. Apalagi  kita ajak mereka praktek menanam bunga. Dari pot dikasih tanah atau humus, cara menanam bagaimana, aturannya seperti apa, dan sebagainya. Selian mengasah motorik kasar, melatih tanggungjawab, dan juga melatih empati kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan, agar mereka tidak lupa menyiramnya. Tetapi kalau lupa, ya wajarlah. Tugas kita ntuk mengingatkan.

Berkemah depan rumah.
Sayangnya, saya belum sempat beli tenda. Tetapi nggak putus ide. Biasanya gelar karpet di halaman rumah, ambil bantal lalau mengajak anak-anak tiduran dibawah langit untuk melihat bintang yang bertaburan diLangit. Tentu saja, sambil cerita tentang apapun yang berkaitan dengan benda-benda di angkasa. Sebelumnya, jangan lupa cari bahan cerita sebanyak-banyaknya ya, Ma!.heheee...Saat kita cerita, imajinasi mereka akan melaju kemana-mana. Dan pasti cerita ini akan mereka ingat sampai kapanpun.

Seru-seruan aja di rumah.
Seperti membiarkan anak bernyanyi sesuka hati,
Menari sesuka hati,
Berjingkrak-jingkrak semau mereka,
Bermain peran (Langit jadi Ultraman, papinya jadi monster)
Makan es krim bersama. Sambil diberi pengertian, bahwa boleh makan es krim kalau pas tidak batuk atau pilek. Kalau pas sakit, minumnya air putih saja... 
Mainan semprot-semprotan air pakai selang (harus makan dulu sebelum mainan air).
Bermain dengan benda tajam,  seperti menggunting gambar-gambar dan menempelkannya di atas buku gambar, mengiris sawi pakai pisau, tapi nggak usah terlalu tajam (tetapi harus ekstra pengawasan).
Bermain cat air. Suka-suka mereka mau gambar apa. Kalau bisa kita pancing anak biar bisa cerita tentang apa yang dia gambar.
Bikin masakan unik yang disukai anak-anak seperti pizza jagung atau sate jamur.

Silaturahim.
Ide silaturahim untuk mengisi weekend juga hal yang seru. Bisa silaturahim ke rumah teman yang kebetulan punya dedek bayi baru, atau menengok tetangga yang mungkin lagi sakit. Selian itu bisa juga pulang ke rumah eyang kalau jarak dan waktu memungkinkan. Yang pertama untuk melatih sosialisasi dengan orang lain, yang kedua untuk melatih empati (terutama saat menjenguk orang sakit) dengan mendoakann yang sakit, dan melatih berkomunikasi dengan orang yang jarang ditemui anak-anak.

Nah, list diatas itu sebenarnya hanya sebagian kecil dari seabrek kegiatan seru-seruan saat weekend. Saya juga percaya bahwa ada banyak orangtua yang lebih kreatif dan lebih jenius dalam merencanakan weekend yang super seru. Tetapi jangan lupa satu hal tadi ya, tetap harus berkualitas dan aman dilakukan oleh anak-anak.



So, Happy weekend yaaa...
Semoga  berkesan dan sangat menyenangkan


Happy Mommy,
Nana Aditya





Komentar

  1. Abang udah nikah, tapi masih suka ajak sekeluarga jalan bareng, fun!

    Salam,
    Shera.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Tips liburan seru dan ceria bareng balita

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.