Tips liburan seru dan ceria bareng balita


www.nanaditya.com


 Memiliki 2 balita yang aktif memang banyak serunya. Nggak dirumah, nggak di luar rumah. Seru dan rame. Selain selalu heboh karena pertengkaran kecil, juga selalu seru saat melihat tingkah mereka yang “ada-ada aja”. Kalau pas lagi kompak, mereka bisa mainan bareng seharian. Tetapi kalau lagi sensitif ya, cuman masalah kecil aja bisa jadi pertengkaran ala anak-anak yang lucu dan menggemaskan. Lebih seru lagi saat mereka saya ajak liburan ke tempat seru di alam terbuka seperti pantai, pegunungan, kebun strobery atau kebun binatang. Seringnya mereka keasikan dan nggak mau diajak pulang.

Meskipun tidak setiap minggu dilakukan, liburan bersama itu sepertinya memang penting untuk selalu diagendakan minimal setiap bulan sekali, apalagi emaknya ini bekerja dari senin-sabtu. Selain untuk refresh setelah jenuh bekerja selama seminggu, liburan juga ternyata sangat efektif untuk menjalin kembali ikatan dengan anak-anak. Jadi semacam dalam hati itu berhutang untuk nyenengin anak-anak setelah seminggu saya fokus ke pekerjaan. 

Ngomong-ngomong tentang merencanakan liburan yang seru, pastinya nggak hanya berhenti di kapan dan dimana kita akan liburan. Namun akan lebih seru lagi jika liburan memang benar-benar direncanakan dan dipersiapkan sebaik-baiknya. Nanti kita disana kira-kira ngapain aja, ada nggak tempat yang nyaman untuk beristirahat, apakah tempat liburan itu aman dan nyaman untuk anak-anak, edukasi apa yang bisa kita berikan ke anak-anak dan lain sebagainya. Selain persiapan teknis, kita juga harus memperhatikan kondisi tubuh agar tetap fit menjelang ataupun selama liburan. Jangan sampai menjelang hari-H malah kondisi tubuh menurun atau sakit. Intinya nggak hanya pergi ke suatu tempat, tetapi benar-benar menciptakan liburan yang sangat berkesan dan bisa dinikmati dengan hepy karena kondisi tubuh yang fit.  

Sebenarnya sih, nggak ada batasan harus gimana atau gimana, tetapi setidaknya kita bisa mempertimbangkan beberapa hal ini agar liburan bersama anak-anak jadi seru dan menyenangkan.

1. Memilih tempat liburan yang sesuai.
Pilih yang sesuai dengan usia anak-anak. Jangan terlalu memaksakan hanya karena orangtuanya pengin ya,...untuk anak-anak bisa ke kebun binatang, ke pantai, ke taman kota, ke kebun strobery atau kebun teh. Mereka pasti antusias dan sangat tertarik. Apalagi mereka baru pertama kali mengunjungi tempat indah itu.
2. Aman dan nyaman.
Selain asyik, pastikan juga lokasi atau wahana yang ada aman untuk anak-anak. Misalnya ketika memutuskan liburan di pantai, pilih pantai dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pinter-pinternya kita milih wahana juga ya, sekiranya anak nggak berani naik  jet coaster, ya jangan dipaksa. Biarkan anak bereksplorasi, yang penting tetap diawasi.
3. Mengedukasi anak.
Akan sangat berkualitas jika tempat liburan bukan hanya menyenangkan, tetapi juga bisa menambah pengetahuan dan pengalaman anak.  anak-anak akan sangat terkesan dengan pengalaman baru yang mereka dapatkan di tempat liburan. itu sangat asyik dan menyenangkan bagi mereka.
4. Waktu liburan yang tepat.
Untuk anak-anak yang sudah sekolah, pastilah ya, liburan nggak dilakukan pas mau ujian. Mungkin malah sebaiknya dimanfaatkan sebagai motivasi, --jadi kalau nilai ujiannya bagus, besok kita liburan ke pantai atau kebun strobery, misalnya. Pasti anak-anak akan senang dan terdorong untuk lebih giat belajar biar nilainya bagus. J
Kalau saya biasanya bilang ke Langit dan Binar, --kalau kakak sama adek saling sayang, main juga barengan, besok kita ke pantai deh... dan ini ternyata cukup efektif mengurangi pertengkaran diatara merekaJ
Saat musim hujan pilihlah liburan di indoor, seperti museum atau tempat-tempat bermain di dalam ruangan. Kalau musim kemarau kita lebih bebas menentukan tempat, mau indoor atau outdoorpun oke.
5. Kondisi tubuh  yang fit.
Pastikan kondisi tubuh baik orangtua maupun anak-anak sedang fit. Bisa kebayang kalau sehari sebelum liburan anak-anak malah sakit. Berikan multivitamin jika perlu.
6. Sedia makanan, minuman dan obat-obatan.
Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, maka jangan lupa deh yang namanya stok makanan dan minuman dalam mobil atau bus selama liburan. Bisa roti, nasi-lauk, snack, camilan,dan juga stok air mineral itu pasti harus bawa. Dan... yang tidak kalah penting dan nggak boleh lupa  adalah obat-obatan antara lain : antimo, minyak angin, dan paracatemaol sebagai obat penurun panas dan pereda nyeri. 

Mengapa obat penurun panas penting dibawa saat liburan?

Kondisi anak-anak bisa saja sedang tidak fit saat itu. Dan yang terjadi biasanya adalah pusing atau demam. Paracetamol berfungsi sebagai pertolongan pertama saat anak demam, apalagi saat liburan atau perjalanan. Saya selalu bawa obat penurun panas kemanapun pergi sama anak-anak, biarpun hanya nginep di tempat neneknya selama 1 malam. Atau hanya melakukan perjalanan selama 1 atau 2 jam, saya pasti membawa. Yang pasti juga, saya selalu sedia obat penurun panas di rumah. Karena anak-anak usia dibawah 5 tahun itu masih rentan terkena demam.

Untuk anak-anak, saya biasanya membawa TEMPRA paracetamol. Tempra paracetamol ini mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan ambang rasa sakit. Jadi begitu anak-anak demam, saat liburan atau sebelum liburan, nggak butuh waktu lama, Tempra efektif menurunkan demamnya.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa saya percaya Tempra Paracetamol untuk menurunkan panas atau demam pada anak saya. Hal pertama yang menjadi alasan kuat adalah karena Tempra Paracetamol ini efektif dengan cepat menurunkan demam pada anak.  Alasan kedua adalah dosis yang sesuai, tidak menyebabkan iritasi lambung, yang jelas pastinya aman untuk anak-anak. Ada tiga  macam Tempra yang pemakaiannya dibedakan menurut usia, yaitu Tempra drop (usia 0-1 thn), Tempra Syrup (1-6 thn), dan tempra Forte (usia 6 thn ke atas). 


Macam Tempra Paracetamol

 Selain itu, cara minumnya juga praktis, dengan drop ( untuk anak dibawah 1 tahun) atau gelas takar ( 1 tahun ke atas) untuk mengukur seberapa ml kita mau berikan ke anak. Banyak juga teman-teman yang merekomendasikan TEMPRA Paracetamol ini untuk obat penurun panas. Untuk Mama yang ingin tahu tips penting dan lengkap, silakan kunjungi https://www.facebook.com/OneThousandSmile/

Setelah anak minum tempra paracetamol, biasanya akan lebih nyaman sehingga bisa bobok (tidur)  dengan nyenyak. Saat anak tidur, berarti sedang mengistirahatkan tubuhnya sehingga akan dengan mudah mengembalikan kondisi tubuhnya menjadi fit kembali.  Setelah bangun, biasanya sudah nggak demam. Tetapi setelah demam hilang, sebaiknya anak-anak  jangan melakukan aktivitas berat dulu. Tetep harus banyak istirahat dulu agar kondisi cepat membaik. Imbangi dengan asupan makanan yang bergizi dan kalau perlu multivitamin.


www.nanaditya.com
Instirahat yang cukup efektif mempercepat penyembuhan.


Menurut saya, demam  adalah kendala utama menurunnya aktivitas anak-anak. Saat demam anak-anak cenderung  rewel, malas bermain atau beraktivitas, juga nafsu makan jadi menurun. Jadi memang harus segera ambil tindakan saat anak sudah demam. apalagi ada rencana untuk liburan dalam waktu dekat. Harus bener-bener dijaga kondisi tubuhnya  ya, Mom!. Ada baiknya selalu sedia obat penurun panas dirumah ataupun saat liburan maupun dalam perjalanan panjang. Agar sewaktu-waktu anak demam dapat segera mengatasinya. Mama tenang, anakpun nyaman dan ceria menghabiskan liburannya.





Selamat berlibur.....
Semoga liburannya seru dan ceriaaaa yaaa....

***



“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog  yang diselenggarakan oleh 
Blogger Perempuan Network dan Taisho."




Komentar

  1. Wah tipsnya oke bgt mak. Kalo anak sakit pasti liburan jd batal ya..untung ada tempra. Tayo sm Tifa klo demam juga kukasih obat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Ari...
      Kalau batal liburan yang nangis bukan cuma anaknya, tapi emaknya juga....hahaaa...
      Semoga tipnya bermanfaat...
      Makasih udah mampir yaaa...

      Hapus
  2. Wah tipsnya oke bgt mak. Kalo anak sakit pasti liburan jd batal ya..untung ada tempra. Tayo sm Tifa klo demam juga kukasih obat ini

    BalasHapus
  3. Ayo berliburrrr....

    Anak2 kalau diajak liburan ke tempat yang berair dijamin betah seharian sampe emaknya yg nyengir

    BalasHapus
  4. Bentul banget mak Rie...
    Tapi pas kondisi badan ga bagus, juga rawan demam kalau kelamaan main di air...
    Jadi pasti bawa penurun panas...
    Udah dijadwal weekend kemana mak Rie?

    BalasHapus
  5. Wah kemarin habis liburan gak bawa penurun panas, bingung jadinya :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita orang tua pasti khawatir ya ma, kalau anak lagi demam..apalagi yang bawa penurun panas.
      Bisa sih kita mengompres, tapi kadang demam nggak turun hanya dengan dikompres...jd memang butuh penurun panas...
      Liburan kemana mak Irvi?

      Hapus
  6. Asik...dapet tips tips buat liburan :)
    Emang deh, obat obatan itu nggak boleh ketinggalan, saya emak emak yang suka bawa gembolan segala macam P3K hehehe. Thankyou for sharing mak Nana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Aya..saya juga pasti kemana-mana juga bawa paracetamol buat emaknya juga. Entah pusing atau tiba-tiba sakit perut bisa lumayan sembuh dengan paracetamol.
      Kalau buat anak-anak aku biasa sedia tempra mak Aya.
      Sehat2 selalu ya mak Aya..
      Makasih udah mampir

      Hapus
  7. Samaa..aku kalo traveling selain termometer, penurun panas juga harus dibawaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus itu mak Rachma...keduanya penting dan wajib dibawa saat liburan atau perjalanan yaaa...
      Happy weekend mak Rachmaa...

      Hapus
    2. Wah bagus itu mak Rachma...keduanya penting dan wajib dibawa saat liburan atau perjalanan yaaa...
      Happy weekend mak Rachmaa...

      Hapus
  8. Samaa..aku kalo traveling selain termometer, penurun panas juga harus dibawaa :)

    BalasHapus
  9. Iya deh, anak itu rentan kena demam ya.. Dan yang paling aku takutin dari demam adalah kejang. Jadi kemana-mana, obat penurun panas wajib banget harus ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mak Noni...
      Selain kejang ternyata juga anak bisa ngigau kalau demamnya terlalu tinggi nggak turun-turun...dan ternyata itu berpotensi merusak saraf otak mak Noni...
      Jadi emang penting banget persediaan obat penurun panasnya yaa...

      Hapus
  10. Emang yaa liburan kl udah diplan segimana pun, kl anak sakit juga akhirnya liburan ga maksimal, jadi harus sedia payung sebelum hujan. sukaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mami Gessi...
      Apalagi kalau sudah terlanjur pesan tiket pesawat atau booking hotel...bener-bener harus menjaga kondisi badan dengan baik...
      Aku suka lupa banyak makan sayur dan buah kalo lagi nggak sakit...kalau udah ngerasa badan nggak fit, baru deh..beli buah seabreg...

      Hapus
  11. Tiap liburan sekolah atau lebaran datang, selalu sedia tempra dirumah, efek banyak saudara datang alias ponakan2, jadi tantenya kudu yang siaga.. hihi..

    BalasHapus
  12. Bener juga ya mbak Asri...kalau ponakan-ponakan kumpul kan mereka pasti maen terus...ga kerasa capek.
    Tapi kalau kecapekan bisa jd drop kondisi tubuh...
    Kalau ada tempra sih mamanya udah tenang...udah ada yg siap siaga menghalau demamnya anak-anak...
    Makasih udah mampir mbak Asri...

    BalasHapus
  13. nice
    Salam kenal ya
    Blognya sdh saya folow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya mbak Milda....
      Salam kenal, semoga tambah sahabat yaa...

      Hapus
    2. Terimakasih atas kunjungannya mbak Milda....
      Salam kenal, semoga tambah sahabat yaa...

      Hapus
  14. aku pernah pas lagi liburan anakku demam. sedih, liburan jadi suram. siap-siap di awal mmng perlu banget. jadi pas knapa2 kita gak terlampau cemas ya mom.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak...
      Jangan lupa bawa paracetamol deh kalau bepergian...
      Coba tempra mbak...efektif turunkan demam lho...
      Makasih udah mampir mbak Helni..

      Hapus
  15. Iya, nih, anak-anak mudah banget demam. Liburan gagal deh. Akhirnya cuma main tenda-tendaan di kamar. Tips Mbak Nana bisa jadi solusi nih. Kayaknya saya harus sedia paracetamol yang aman untuk anak juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa...main tenda-tendaan juga asyik ya mbak...
      Yang penting selalu sedia paracetamol baik dirumah apalagi saat liburan atau perjalanan...
      Enaknya kalau tempra itu, yg untuk dibawah 1 tahun pakai drop, diatas 1 tahun pakau gelas takar mbak...
      Jd praktis...

      Hapus
    2. Hahaaa...main tenda-tendaan juga asyik ya mbak...
      Yang penting selalu sedia paracetamol baik dirumah apalagi saat liburan atau perjalanan...
      Enaknya kalau tempra itu, yg untuk dibawah 1 tahun pakai drop, diatas 1 tahun pakau gelas takar mbak...
      Jd praktis...

      Hapus
  16. Saya juga penggemar setia Tempra :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Herva...
      Kalau sudah sedia temora paracetamol mau kemana-mana tenang, apalagi kalau cuaca nggak enak kayak sekarang ya mbak...
      Makasih sudah mampir mbak...

      Hapus
  17. Tipsnya cocok buat liburan bersama keluarga ini. momen liburan memang sering di tunggu tunggu tetapi sering kali di saat sudah di rencanakan, ada saja terkadang hal yang membuatnya gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Anggar...sedihnya jadi dobel..
      Apalagi kalau anak udah demam tapi blm sembuh-sembuh...
      Emaknya jd galau..huhuuuu...

      Hapus
  18. Hai mba Nana, tips nya oke banget ini. Emang jadi nggak seru kalo lagi liburan anak2 malah sakit, makanya harus sigap ya. Good luck buat lombanya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Susan udah mampir...
      Yup bener mbak, apalagi sekarang ini cuacanya sedang nggak bagus ya...
      Sedia paracetamol itu bisa jadi andalan kalau pas anak demam...

      Hapus
  19. Obat demam ini memang kudu ada di kotak P3K

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak Dian..
      Mau di rumah apa di perjalanan saya sarankan selalu bawa deh penurun demam seperti tempra ini.

      Hapus
  20. Wah serunya liburan bersama keluarga

    Budy | Travelling Addict
    Blogger Abal-Abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya seru dong...
      Makasih udah mampir mas Budy

      Hapus
  21. salah satu andalan nih :) salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Indri..
      Andalan emak-emak kalau anaknya demam ya mbak Indri...hehee

      Hapus
  22. Alhamdulillah dapat pencerahan dan solusi bagaimana liburan yang seru dan ceria bareng anak muantappp mbak kemarin kemarin tuh susah banget kalau liburan bareng sama balita soalnya kasihan sama mamahnya sibuk ngurus mulu dan sulit untuk liburan sebentar saja karena rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasihan si kecil kalau demam ya mas, kasihan mamanya juga...
      Tapi lumayan tenang kalau selalu sedia obat turun panas, seperti tempra paracetamol ini mas..
      Minimal langkah awal untuk menurunkan demam sdh dilakukan.
      Kalau 2x 24 jam nggak sembuh, perlu dibawa ke dokter. Biasanya kena radang atau infeksi virus tertentu mas..
      Makasih sdh mampir yaa...
      Salam buat keluarga

      Hapus
    2. Kasihan si kecil kalau demam ya mas, kasihan mamanya juga...
      Tapi lumayan tenang kalau selalu sedia obat turun panas, seperti tempra paracetamol ini mas..
      Minimal langkah awal untuk menurunkan demam sdh dilakukan.
      Kalau 2x 24 jam nggak sembuh, perlu dibawa ke dokter. Biasanya kena radang atau infeksi virus tertentu mas..
      Makasih sdh mampir yaa...
      Salam buat keluarga

      Hapus
  23. Liburan ketempat yg mengedukasi bikin anak hepi sekaligus nambah pengetahuan, lbh bermanfaat buat anak juga ya mba. Tempra andalan aku juga buat deman, kemanapun perginya selalu bawa untuk jaga2. Nice sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Sandra..bener banget.
      Sekarang kalau mau liburan udah pasti mikirnya yg bisa manfaat juga buat anak2...
      Selalu sedia tempra pastinya. Biar emaknya tenang, anaknya senang...hahaa...
      Makasih udah mamprlir ya mbak Sandra...
      Sehat selalu....

      Hapus
  24. Lihat si kakak megang kening adeknya bikin terharu ya mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mak...
      Mereka berdua sodara yang jadi sahabat...
      Kalau bareng kadang berantem, kalau pas pisah nyariin...hehee...

      Hapus
  25. kalo anak sakit, liburan jadi ngga tenang ya Mba? jadi berasa kurang cerianya.. untung ada Tempra yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak Arin..kalau anak demam tu, emaknya pasti ikut nangis juga...hiks...
      Tp kalau ada tempra lumayan tenanglah mbak...
      Makasih sdh mampir ya mbak..

      Hapus
  26. Klo mau liburan sama anak hrs siap obat2an ya mba. Beda klo liburan masih single atau berdua suami sj... Hehe. Meski libur tetap ibu2 hrs siaga menjaga byah hati. Mkasih tips nya :)
    Salam
    Dipi-bandung-www.dipiwarawiri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau single masih fleksibel bangey walaupun sakit mbak..
      Kalau udah py anak, anak sakit ibuknya ikut merasakan sakitnya...
      Kalau emaknya sakit, disehat-sehatin krn kasihan anaknya..hahaaa..
      Tetep sedia paracetamol deh pokoknya

      Hapus
  27. Bener Mba, bawa obat-obatan penting bgt saat liburan bersama anak. Buat jaga jaga aja sih ya Mba. Dan emang susah sih kl liburan ttp beristirahat yg cukup. Maunya kan main, main, dan main. Hehehe...
    Saya juga siap dengan Tempra Mba Nana kalau pergi bawa bocil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbak Dini...
      Saya pernah mbak, bela-belain tengah malam ke apotek k24 untuk beli obat penurun panas krn anakku demam mbak..
      Tapi sekarang udah tenang, udah pasti sedia tempra di rumah. Pas pergi2 juga selalu dibawa...
      Makasih udah mampir mbak

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  28. Aq biasanya bawa Tempra, tensoplas sama minyak kayu putih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah satu kalau aku mbak, paracetamol buat emaknya juga...hehehhee..

      Hapus
    2. Tambah satu kalau aku mbak, paracetamol buat emaknya juga...hehehhee..

      Hapus
  29. Baju kering, biarpun cuma ke taman. Ada aja yg tumpah :D Kalau pergi jauh itu wajib bawa paracetamol krn anak gampang anget kalau capek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..selalu sedia tempra paracetamol deh pokoknya...

      Hapus
  30. Yap, liburan dengan anak-anak memang harus fit. Hari Sabt Minggu kemarin, aku diajakin libur bareng sama temen suami, mereka bawa dua anaknya yg masih balita. Pulangnya, aku kecapean, karena mau enggak mau juga ikutan ngejagain. Jadi persiapan juga sebelum punya anak ^^

    BalasHapus
  31. Memastikan anak dalam keadaan sehat dan segar itu penting ya, Mbak, meski demikian ya tetap membawa Tempra karena manfaatnya.

    BalasHapus
  32. Makasih tipsnya mbak, aku bentar lagi insya Allah lahiran, jadi next trip pasti sama dedek, hehehe

    Salam,
    Aci

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.