Mau menang lomba blog ala ahlinya? Lakukan 7 hal ini!


Mau menang lomba blog ala ahlinya? Lakukan 7 hal ini!


nana aditya
Foto diambil dari www.eleghantthemes.com

Hola !
Media informasi dari internet saat ini sedang berkembang dengan sangat pesat.Hal ini adalah imbal balik dari besarnya kebutuhan masyarakat akan informasi dan referensi. Sedikit-sedikit mbah google, sedikit-sedikit lihat situs-situs informasi, dikit-dikit klik inet.  Walaupun terkadang ada informasi dari satu sumber yang dirasa belum valid, tetapi toh masyarakat bisa dengan mudah meng-kompare (membandingkan) dengan sumber berita lain. Dan akhirnya masyarakat semakin cerdas menilai, dan memilah mana berita atau informasi yang benar dan mana yang hanya sekedar berita hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Selaras dengan itu, masyarakat  yang hobinya nulis, sebut saja penulis atau blogger, akhirnya juga menjadi bagian yang penting dari penyebaran informasi di berbagai media. Dan mereka sedang asyik-asyiknya sekarang. Kalau mau, blogger bisa mendapatkan banyak rupiah dari sebuah pekerjaan menulis artikel, baik untuk blognya sendiri ataupun untuk perusahaan (klien) yang memintanya menuliskan artikel atau sekedar pasang banner iklan di blognya. Keasyikan blogger nggak hanya itu, berbagai macam lomba blog juga banyak dan sering kali diadakan dari hanya sekedar giveway kecil- kecilan, hingga lomba blog dari perusahaan besar dan ternama, yang tentu hadiahnya juga sangat menggiurkan. Wooooowww...

Intinya, dunia blogger sedang “nyaman” untuk ditinggali sekarang ini. Kadang juga ada seorang travelblogger yang bisa keliling Indonesia atau bahkan dunia hanya dari blog. Iya, hanya dari blognya (*__*). Tetapi dengan catatan, tetep harus berjuang. Bukan lantas punya blog trus serta merta begitu saja mengalir pendapatan kita. Akan tetapi pinter-pinternya kita juga dalam mengelola blog itu dan gimana kreatifnya dan aktifnya kita untuk membuat blog kita sebagai sarana untuk mendatangkan pendapatan itu.

Ada banyak blogger Indonesia yang sukses membuat harum pekerjaan bernama « blogger ». Mereka berkibar namanya dengan memenangkan berbagai event lomba blogger dengan tulisan yang ciamik. Salah satunya teman blogger dari grup kumpulan emak blogger Yogyakarta, namanya mbak Arifah Wulansari. Ibu dari 2 anak, yang berprofesi sebagai kepala tata usaha di sebuah puskesmas di Bantul, Yogyakarta. di kesibukannya itu, beliau masih menyempatkan menyalurkan hobi nulisnya itu dengan mengikuti berbagai lomba blog. Dan sering menang loh...


nanaditya.com
Senyumnya manis yaaa... :).
Foto diambil dari facebook Arifah Wulansari.

Awalnya, kebanyakan blogger pemula, seperti saya juga (*_*), ngeblog cuman buat nulis diary saja. Atau mungkin nulis aktivitas yang dianggap seru dan memorable banget, sehingga nggak mau hal itu usang dimakan waktu. Akhirnya ditulislah dalam blog. Atau mungkin pas punya informasi menarik atau pengalaman menarik yang mungkin bisa dijadikan pelajaran atau bisa dijadikan sarana belajar bagi orang lain, kemudian di share di blog. Ada juga yang memang diharuskan untuk membuat blog jika ingin join ke dalam bisnis tertentu, seperti mbak Arifah ini. Setelah bikin blog, beliau iseng-iseng ikutlah lomba blog, dan ternyata menang. Dari sini semakin semangat untuk nulis lagi, dan semakin kecanduan ikut lomba-lomba blog.

‘’  Motivasi awal bikin blog dulu awalnya saya pernah diajakin teman ikut join oriflame, trus diajarilah saya bikin blog sama upline saya. Nah..pas blognya udah jadi saya iseng-iseng ikut lomba blog Milkuat waktu itu..haha..ternyata keisengan saya itu membuahkan hasil nyangkut jadi salah satu pemenang. Abis itu saya malah jadi kecanduan ikut lomba blog sampe sekarang dan oriflame saya malah nggak dilanjutin lagi karena pasion saya ternyata lebih ke arah jadi partisipan lomba blog hahaha. Jadi jangan heran ya teman-teman kalau buka blog saya isinya kebanyakan tulisan tentang lomba.” -- Arifah Wulansari

Memang ya, pengalaman pertama itu biasanya nyoba kemampuan dulu, secara akan banyak sekali peserta lomba (blogger) yang sudah sangat senior dengan pengalaman yang sangat buanyaaak. Tetapi inti dari lomba itu sebenarnya tetap konten/ artikel blog yang memenuhi syarat dan ketentuan penjurian. Nah, begitu menang sekali, biasanya langsung pede banget yaa… kayaknya langsung yakin aja, kalau sebenarnya –gue juga mampu. Dan kita juga merasa tertantang untuk menaklukkkan lomba-lomba yang lain.

Menjadi blogger professional,juga harus muter otak ya! Ga bisa dong hanya berdiam diri aja nggak melakukan inovasi apapun, nggak nyari ilmu tentang blogging, nggak update info-info tentang blogging, dsb. Lama-lama harus naik kelas dong ya, jangan hanya kelas ringan, tetapi cobalah kelas yang agak berat kontennya. Kalau mbak Arifah ini dulu kan pertama kali ikut lomba susu, dan menang. Tetapi beliau terus belajar dari profesional blogger atau pemenang –pemenang event lomba blog. Belajar dan belajar terus, hingga terakhir kemarin sebagai pemenang lomba blog yang diselenggarakan oleh pegadaian. Dan hadiahnya wooowww banget…. (emas). Kece banget kan ?Tapi jangan tanya konten artikelnya yang diikutkan lomba, pastinya juga kece badai. Semua pencapaian dan cerita-cerita beliau lengkap di www.arifahwulansari.com.

Sampai saat ini mbak Arifah sudah mengikuti puluhan lomba blog. Tentu tidak menang semua ya, ada juga yang kalah. Tetapi  sudah banyak achievement yang beliau capai dengan lomba-lomba blog yang diikutinya. Mau ngulik tips menang lomba blog? Penasaran dong ya…
Baiklah, sebenarnya kalau ditanya tips, mbak Ari nggak ada tips khusus. Cuman sesuaikan dengan kemampuan dan konsisten total dalam menulis. tetapi saya kemudian mempelajari artikel-artikel mbak Arifah dan juga beberapa blogger yang biasanya menjadi pemenang lomba blog. Ada beberapa hal penting yang (biasanya) mereka lakukan dalam usaha untuk memenangkan lomba blog. 
Apa saja?yuk cuss!




foto: www.brand-relationshipmarketing.com
1.    Fokus.
Tetapkan waktu khusus untuk menulis. Usahakan jangan putus-putus. Karena terkadang ide yang sudah mengalir, akan hilang dan menguap saat kita berhenti ngeblog (disambi yang lain). Atau kalau memang ada kegiatan atau acara penting lain, usahakan sudah memiliki peta konsep rinci dan jelas untuk memudahkan kita melanjutkan tulisan kita yang sempat terhenti.
2.    Pelajari betul materi lomba.
Apa sih yang dimaui oleh juri lomba ini? Aspek apa saja yang akan dinilai dalam tulisan ini?. Termasuk juga pelajari juga tulisan-tulisan lawan dalam lomba, sehingga kita bisa tahu sudut pandang mana yang sebaiknya bagus untuk kita angkat dan tulis, bagian mana yang belum banyak dibahas oleh lawan-lawan kita.
3.    Detail menguraikan paragraf demi paragraf.
Jangan bertele-tele menguraikan informasi dalam tulisan, tetapi harus detail dengan informasi yang lengkap. Gunakan ejaan yang baik dan benar. Jangan memaksakan kalimat. Buat kalimat yang bisa dinikmati dengan enjoy, bukan membingungkan atau bahkan memunculkan pertanyaan lain yang nggak penting. Usahan no typo ya…itu mengganggu banget soalnya.
4.    Fakta/informasi valid. Baik dari narasumber, dari web resmi, dari penelitian, atau penelitian kecil-kecilan yang dilakukan sendiri. Penelitian kecil-kecilan bisa dilakukan di grup wa, facebook, bbm, atau komunitas yang sesuai dengan tema lomba blog.
5.    Mencantumkan gambar yang sesuai dengan resolusi yang pas.
Gambar sangat menunjang pemahaman (visualisasi) pembaca. Gambar yang tidak jelas jangan pernah dipakai. Akan merusak mood pembaca dalam hal ini juri. Kening mereka akan berkerut dan dalam hatinya mungkin akan bilang…Ealah, ini gambar apa toh ? atau emang gak ada gambar lain ya ?
6.    Memberikan contoh kasus.
Lebih bagus lagi, kasus yang dicontohkan adalah contoh real dari pengalaman kita atau benar-benar kita tahu keadaan sebenarnya. Jangan fiksi ya…
7.    Memberikan penyelesaikan masalah.
Ini point yang penting untuk kebanyakan lomba blog. Soft selling untuk memberikan informasi sekaligus menarik pembaca agar secara tidak langsung merasa tertarik atau ingin menggunakan produk, atau apapun berkaitan dengan solusi yang kita tuliskan.

Ingat ya, langkah –langkah diatas hanya membantu untuk membuat tulisan kita sebagus mungkin, sesuai sasaran penjurian, dan semenarik mungkin. Hasilnya tetap tergantung dari realnya tulisan teman-teman sekalian. Selain itu, tak lepas juga dari  usaha kita untuk berinovasi dan seberapa kreatif kita mengolah sebuah tulisan menjadi hal yang beda, dan menarik bagi oranglain. Dan itu, perlu belajar.

Membaca pencapaian-pencapaian mbak Arifah ini, membuat saya makin tertarik untuk lebih aktif ngeblog dan merangsang keinginan untuk ikutan lomba blog. Menurutnya, kita bisa mendapatkan info lomba blog dari internet, atau dari grup-grup blogger yang diikuti. Menang-kalah itu urusan nanti, yang penting nyoba dan berusaha dulu lah ya. Saya juga mau sering-sering baca tulisan pemenang lomba blog juga ah, biar tahu startegi menulisnya gimana, seberapa dalam bahasanya, seberapa lengkap aspek-aspeknya. Wah, ternyata membuat tulisan biar bisa menang lomba bukan hal sepele menurut saya. perlu waktu dan jam terbang yang sepadan.

Sepertinya udah dulu sharing tips menang lomba blognya ya…lain kali kita sambung dengan tema yang juga nggak kalah asyik. Oh ya, sebelum ditutup, sekali lagi, saya mau mengingatkan  teman-teman dan saya sendiri juga untuk sering-sering meng-update info-info lomba atau kemampuan ngeblog kita. Selain itu, sebaiknya bergabung dengan komunitas blogger  (salah satunya Kumpulan Emak Blogger Yogyakarta) yang semua anggota kece badai.... (seneng banget bisa bergabung dengan lakian emak-emak kece). Karena tidak dipungkiri, dari grup-grup blogger ini kita bisa dapat banyak sekali info, dan bahkan job yang berkaitan dengan blogger. Dengan begitu, kita para blogger akan lebih konsisten untuk ngeblog, sehingga perusahaan atau agen akan melirik nama atau blog kita untuk diajak kerjasama.Dengan banyaknya penawaran kerjasama, berarti banyak pemasukan kaaan. Kalau banyak pemasukan, kita bisa tersenyum  ceria. Hahaaaa...

Ukeee…segini dulu ya...Sangat dihaturkan terimakasih jika ada yang mau melengkapi atau menambahkan tip menang lomba blognya ya...

Makasih sharingnya mak Arifah Wulansari .
byeee..byeee... :)

Nana Aditya
Indimommy_holic



Komentar

  1. Makasih sharing dan tipsnya, Mak Nana. Saya jaraaang sekali ikut lomba. Kebanyakan alasannya gak sempat dan jiper duluan dengan saingan haha...btw, Mak Ari emang jagonya menan lomba. Dari dulu kenal dengannya. Ingat pernah menang lomba Nutrisi untuk Bangsa. Mak Ari juara satu, saya juara 3. Hihi gak nyangka banget. Benar emang ya, kita kudu pede dan berusaha dulu. Urusan menang kalah, dipikir nanti. 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Nunung...mak Ari emang jagonya lomba blog...
      aku juga gitu mak Nung, kalau mau ikut lomba blog gitu...udah minder duluan padahal blm nyoba.udah bingung duluan mau mulai nulis darimana.
      Tp setelah ngobrol sama mak Ari..dan ubek-ubek karyanya yg menang lomba, jadilah beberapa point itu mak Nunung...
      Semoga bermanfaat yaa mak..

      Hapus
  2. Waah..tulisan mak nana keren. Eh tapi aku blum pantes disebut ahli lho mak. Tambahin tips yg paling penting berdoa dan ikhlas. Nulis buat lomba itu kudu ikhlas jadi kalo kalah nggak baper..tetep semangat utk ikutan lomba-lomba selanjutnya �� semangat terus belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya...itu point penting juga mak Ari...
      Makasih udah mengingatkan ya mak...
      Nanti aku tambahin deh..

      Hapus
    2. Oh iya...itu point penting juga mak Ari...
      Makasih udah mengingatkan ya mak...
      Nanti aku tambahin deh..

      Hapus
  3. Waaahhh... Saya selalu kagum sama orang orang yang tulisannya sering menang lomba ahihihi...pengen berguru jadinya...
    Jempol deh buat mak Arifah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap...jd pengen nyoba2 lomba blog lagi nih mak aya..
      Kalau mak aya sering ijutan lomba blog nggak?

      Hapus
    2. Iyap...jd pengen nyoba2 lomba blog lagi nih mak aya..
      Kalau mak aya sering ijutan lomba blog nggak?

      Hapus
  4. Kalau ada lomba tolong info ya bu. Saya masih pemula.
    Salam dari Deco

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Tips liburan seru dan ceria bareng balita

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.