Menggambar dan Mewarnai, Dunia Asyiknya Liya Swandari

“Jadi, tak ada alasan tuk tak berbahagia lagi
jika kita tahu bahwa Tuhan punya maksud di setiap kejadian yang kita punya.”
-Liya Swandari

Menjadi hening sejenak ketika membaca tulisan Liya Swandari yang berjudul “ Tak Ada Alasan Untuk Tak #Bahagiadirumah.” Tulisan yang sebenarnya dibuat untuk diikutkan lomba, tetapi sekaligus juga mungkin sebuah curahan perasaan. Tetapi di dalam tulisan itu, seorang Liya Swandari tidak hanya curhat nggak jelas, tetapi beliau juga menuliskan sebuah pemecahan atas sebuah masalah yang sedang dia hadapi, yaitu “Bahwa bahagia itu ternyata bisa diciptakan oleh diri kita sendiri, selagi kita mau berusaha menciptakannya.” Apapun keadaan  dan masalahnya, kalau kita tetap bahagia, mau apa lagi?
---
Narasi di atas hanyalah sebuah prolog, untuk paragraf selanjutnya, Bahasan utamanya adalah tentang hobi menggambar dan mewarnai yang dimiliki emak blogger satu ini Liya Swandari.

Liya Swandari adalah seseorang yang memiliki hobi  sangaaaat menyenangkan, yaitu menggambar dan bermusik. Yang mana, dua hal ini tidak saya miliki lhooo.... Dari hobinya itu, akhirnya terciptalah sebuah karya yang berjudul “ Aku Juara Mewarnai”—Terbitan Idea WorldKids, Citra Media. Buku tentang bagaimana memperlajari teknik yang benar dalam mewarnai, dilengkapi dengan teknik-teknik yang asyik dalam mewarnai. Sudah pasti bukunya keren... bisa menjadi buku referensi bagi para indimommy yang sedang membutuhkan bahan untuk melatih si kecil menggambar dan mewarnai.





Buku mewarnai, karya Liya Swandari


Hobinya ini mungkin dilatarbelakangi karena bakat dan kemampuan yang telah diasah dari kecil. Disamping dukungan dari orangtua, dukungan juga didapatkan dari lingkungan sekitar, dan juga kemauan dari dirinya sendiri. Blognya Liya Swandari memuat lengkap tentang tutorial menggambar dan mewarnai, baik memakai spidol, pencil warna, crayon, cat air, dan media mewarnai lainnya. 
  
Bicara soal mewarnai, ternyata ada banyak hal yang dapat kita dan si kecil peroleh dari mewarnai. Pokoknya nggak usah pelit untuk membelikan si kecil buku gambar atau crayon ya indimom, nggak usah ragu untuk mengajari si kecil menggambar ataupun mewarnai sejak dini,  karena banyak banget keuntungan yang akan kita peroleh, diantaranya: 
1.     Media berekspresi.
Menjadi sarana untuk meluapkan perasaan si kecil. Melalui gambarnya, dapat dilihat apakah si kecil sedang sedih, cemas atau gembira.
2.       Membantu mengenal perbedaan warna.
Cara yang efektif untuk mengenalkan warna kepada si kecil. Dengan mewarnai, tanpa sadar si kecil telah belajar mengenal variasi warna, membedakannya, dan lambat laun berhasil memadukannya.
3.       Melatih si kecil mengenggam pensil.
Bagi sebagaian anak, krayon adalah benda pertama yang digenggamnya sebelum mereka menggenggam pensil. Saat mewarnai dengan krayon itulah pertama kali si kecil belajar menggengam dan mengontrol pensil di tangannya. Kemampuan tersebut yang nantinya akan membantunya dalam menulis saat si kecil menempuh pendidikan di sekolah.
4.       Melatih kemampuan koordinasi
Saat mewarnai, maka koordinasi antara tangan, mata, memilih warna, menajamkan krayon, dan kemampuan lainnya menjadi terlatih. Kemampuan ini akan menjadi dasar-dasar perkembangan yang akan semakin matang ketika remaja atau dewasa nanti.
5.       Mengembangkan kemampuan motorik.
Kemampuan motorik si kecil akan terasah, seperti bagaimana memegang pencil, menggoreskan warna dengan hati-hati,tidak boleh sembarangan menggores, dan lain sebagainya.
6.       Meningkatkan konsentrasi anak.
Aktfitas mewarnai akan meningkatkan konsentrasi anak, karena bagaimanapun dia harus fokus untuk menyelasikan kegiatan mewarnainya, walaupuan ada banyak kegiatan lain di sekelilingnya. Keampuan inilah yang akansangat berguna baginya di masadepan.
7.        Melatih si kecil menyelesaikan tugasnya sesuai target.
Targetnya apa? yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar, dalam waktu tertentu. Dari sinilah akan terpupuk rasa tanggungjawab untuk menyelesaikan sebuah tugas dengan baik, dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
8.       Memupuk kepercayaan diri si kecil..
Pilihan-pilihan warna yang dipilihnya untuk mewarnai adalah bagian dari ekspresi dirinya. Dari sinilah kepercayaan dirinya muncul. Selain itu, kemampuannya menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan tuntas, akan melatihnya menjadi sosok yang bertenggungjawab, dan tidak mudah menyerah.


nanaditya.com
from; Liya Swandari

Beberapa rupiah yang telah dikeluarkan untuk membeli peralatan mewarnai atau menggambar, tentu tidaklah sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Tapi, gimana kalau anak kita sepertinya tidak bakat menggambar? Jangan khawatir, indimom,,, bakat tidak terlalu penting, yang lebih penting adalah mereka bisa menikmati kegiatan mereka saat menggambar dan mewarnai. Seperti yang saya kutip di bawah ini :

“ Bakat menggambar memang membantu seorang anak untuk lebih cepat menangkap instruksi menggambar. Tetapi tidak menutup kemungkinan anak-anak yang tidak mempunyai bakat mempunyai gambar yangLEBIH MENARIK daripada yang berbakat. Saya tidak peduli seorang anak mempunyai BAKAT atau tidak. Yang penting mereka mau SENANG MENGGAMBAR dan MEWARNAI dengan saya." –Liya Swandari


Terima kasih mak Liya Swandari, sudah menjadi sosok yang menginspirasi para indimommy. Pokoknya, Menggambar dan mewarnai dunia asyiknya Liya Swandari deh...



Nana Aditya
Indiemommy_holic
















Komentar

  1. Yup, bahagia memang bisa kita ciptakan sendiri.. :D

    BalasHapus
  2. Iyaaa...mak Juli...
    Makasih udah mampir yaa..

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Aku dulu kepengin les mewarnai, tapi di kota ku dulu kayaknya belum ada. SYedih deh T___T

    BalasHapus
  5. Asik sekali menggambar ya, dunia anak-anak memang menyenakan, rasanya pengen kembali ke masa-masa itu tp sudah tidak mungkin :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melirik “ New Concept Fashion” di Ada Buti Store.

Tips liburan seru dan ceria bareng balita

Pola Asuh berbasis Tradisi, Mengapa Tidak? by Omah Perden.